;

PEDULI BENCANA "SIAGA BROMO 2010"

Posko Lapangan FPBI "SIAGA BROMO 2010" Kegiatan : Kaji Cepat Kebutuhan dan Kerentanan, Shelter, Evakuasi, Trauma Healing Anak, Penerimaan dan Distribusi Logistik, Air & Sanitasi, Pembersihan Debu Vulkanik, Pemulihan & Pemberdayaan Pengungsi. Anda Peduli Pengungsi Bromo, Kab. Probolinggo, Prop. Jatim : Kirim Bantuan dan Dana ke Rek BCA 0183004392 (24 Des 2010) Terima Kasih

20.3.09

Profil FPBI

AWAL PEDULI
Kekayaan sosial yang bermetamorfosis dalam masyarakat, menyelinap sebagai bentuk nilai dan norma yang dipercayai dan dijalankan oleh ruang-ruang pertemuan dan perjumpaan dalam selubung kearifan lokal hingga saling bertaut dan larut menjadi kekuatan masyarakat. Sejak nenek moyang telah menjadi tradisi, namun kadang menjadi sebuah gaya ekslusifisme komunitas modern. Modal sosial ini berjangkar pada nilai kepercayaan (mutual trust), dalam pergaulan individual, kemudian bermuara pada keterlibatan jaringan (networks), norma-norma (norms), dan kepercayaan sosial (social trust) dan kemudian melanjutkan perjalananya menjadi sebuah kolaborasi sosial (coordination and cooperation) untuk mewujudkan sebuah harapan bersama yaitu Masyarakat Tahan Bencana (resilience community) di seluruh wilayah Indonesia.

UNDANGAN PEDULI BENCANA
Kami mengundang anda semua untuk bekerja bersama dalam berbuat terhadap sesama tanpa mengurangi keberadaan masing-masing individu maupun lembaga, dengan berpijak pada 10 Peduli sebagai pemahaman bersama :

Peduli Berarti Percaya
Peduli Berarti Mengerti
Peduli Berarti Berkomunikasi
Peduli Berarti Memberi Perhatian
Peduli Berarti Melakukan Tindakan Segera
Peduli Berarti Sukarela
Peduli Berarti Berbagi
Peduli Berarti Melindungi
Peduli Berarti Bekerja Bersama
Peduli Berarti komitmen Jangka Panjang

AWAL KELAHIRAN
Berawal dari respon secara individu ataupun kelembagaan terhadap peristiwa bencana yang menimpa negeri ini silih berganti. Sejak Bencana Tsunami di Aceh tahun 2004; Longsor di Jember, Letusan Gunungapi Merapi di Sleman, Gempa di Bantul, Banjir Bandang di Trenggalek, Banjir di Ponorogo dan Banjir di Gresik tahun 2006; Banjir di Jakarta, Letusan Gunungapi Kelud di Kediri dan Blitar, Banjir di Jombang tahun 2007; Banjir di Bojonegoro tahun 2008; hingga Bencana Kegagalan Teknologi Lumpur Lapindo dari tahun 2006-2009. Kemudian kami relawan kebencanaan bersepakat melebur dalam Forum Peduli Bencana Indonesia (FPBI).

FPBI adalah sebuah lembaga nirlaba professional yang merupakan forum pertemuan, pengkajian, penelitian, dan pengembangan keahlian dalam penanganan bencana terpadu berbasis masyarakat, baik secara individu maupun kelembagaan. Forum ini berasal dari berbagai latar belakang dan budaya antara lain : praktisi, ilmuwan, akademisi, professional, lembaga-lembaga kemanusiaan, LSM, birokrat, relawan dan donatur serta kontributor yang mempunyai perhatian terhadap peristiwa, penanganan dan pengurangan risiko bencana (disaster risk reduction management) dengan sentuhan kearifan lokal (traditional wisdom) yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan (sustainable development), dan selalu menempatkan korban bencana sebagai subyek dan sekaligus sasaran utamanya.

FPBI selalu siaga dalam aksi sosial kemanusiaan dan selalu bekerja bersama masyarakat sejak kesiapsiagaan, mitigasi, tanggap darurat, rehabilitasi, rekonstruksi hingga pemulihan akibat bencana yang dilakukan atas dasar kepedulian pada sesama (charity) dengan membangun sumberdaya manusia (human resources development) dan melestarikan sumberdaya alam (conservation) melalui penerapan metode dan teknologi terkini dalam penanganan dan pengurangan risiko bencana (PRB) yang cepat, tepat, efektif, sistematis, optimal dengan selalu menjaga akuntabilitas serta berbudaya.

VISI
Merangkai Kepedulian Dalam Penanganan Bencana Berbasis Komunitas Dari Berbagai Latar Budaya Melalui Pengurangan Risiko Bencana Yang Beorientasi Pada Kearifan Lokal dan Pembangunan Berkelanjutan.

MISI
  • Menumbuhkembangkan kepedulian dan solidaritas kepada sesame dalam Penanganan Bencana dengan mengarusutamakan Pengurangan Risiko Bencana.
  • Mengembangkan berbagai sumberdaya dan potensi komunitas dalam Pengurangan Risiko Bencana demi perlindungan dan kesejahteraan masyarakat.
PROGRAM BIDANG

Bidang Kajian dan Publikasi
  • Penyelenggaraan kajian-kajian ilmiah di bidang kebencanaan dan Pengurangan Risiko Bencana dalam lingkup penelitian, pengkajian karakteristik serta analisis risiko bencana melalui diskusi, seminar, lokakakarya, workshop, dan lomba karya tulis.
  • Penyelenggaraan publikasi Penanganan Bencana dan PRB, berupa sosialisasi kampanye melalui penulisan pedoman, artikel dan rubrik di media massa dan pembuatan iklan masyarakat. Pembuatan prosedur, bulletin, brosur, leaflet, dan poster sebagai upaya peningkatan pemahaman bersama di tingkat masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya termasuk program konsultasi dan pembelajaran bersama untuk pembaharuan (asistensi) sistem manajemen penanganan bencana.
Bidang Penelitian, Pendidikan dan Pengembangan
Penyelenggaraan pendidikan dan pengembangan keahlian kebencanaan masyarakat yang diiringi pelaksanaan penelitian dan pemetaan sosial, ekonomi, budaya dan kawasan rawan bencana serta internalisasi PRB dalam lokal pendidikan formal dan non formal.

Bidang Advokasi dan Pemberdayaan
  • Penyelenggaraan kegiatan aksi strategis dan terpadu dalam masyarakat untuk mempengaruhi kebijakan dalam implementasi penanganan dan pengurangan risiko bencana sehingga menghasilkan kebijakn publik yang menempatkan korban bencana sebagai subyek dan sekaligus sasaran utama dalam penanganan bencana.
  • Penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan dan mengoptimalkan penggunaan sumberdaya sosial ekonomi dan organisasi sosial masyarakat sehingga menjadi lebih sehat, efisisen, tangguh dan mandiri dalam penanganan bencana.
Bidang Siaga Bencana
Penyelenggaraan kegiatan siaga bencana sejak kesiapsiagaan, mitigasi, tanggap darurat sampai pemulihan pada peristiwa pra dan kejadian bencana

LEGALITAS LEMBAGA
Akte Notaris Ni. Made Diestriana Dwi Wahyuni, SH. No. 10, tanggal 19 Pebruari 2008 dan Registrasi PN Surabaya No. 09/LL/2008 tanggal 17 Maret 2008

REKENING LEMBAGA
BCA KCU Sidoarjo
No. Rek. 0183004392

ALAMAT LEMBAGA
Jl. Andong Raya No. 11, Slipi, Jakarta Pusat
Email : fpbi.peduli@gmail.com
Weblog : http://fpbibencana.blogspot.com

KONTAK PERSON
Harun Al Rasyid, MSi – Ketua Presidium
HP. 08123515380

Ir. Rachmat Sudharmadji – Sekjen
HP. 081234542038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Peduli

Pengelola

Tukar Link


peduli bencana

Link

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by FPBI