;

PEDULI BENCANA "SIAGA BROMO 2010"

Posko Lapangan FPBI "SIAGA BROMO 2010" Kegiatan : Kaji Cepat Kebutuhan dan Kerentanan, Shelter, Evakuasi, Trauma Healing Anak, Penerimaan dan Distribusi Logistik, Air & Sanitasi, Pembersihan Debu Vulkanik, Pemulihan & Pemberdayaan Pengungsi. Anda Peduli Pengungsi Bromo, Kab. Probolinggo, Prop. Jatim : Kirim Bantuan dan Dana ke Rek BCA 0183004392 (24 Des 2010) Terima Kasih

17.12.08

BENCANA TERKINI I 14-15 Desember 2008


Sistim Informasi Manajemen Bencana I Periode 14 - 15 Desember 2008

Earthquakes - Gempa Bumi

Terjadi beberapa gempa bumi berkekuatan di atas 5 skala Richter mengguncang beberapa bagian Indonesia. Gempa terbaru yang tercatat BMG berkekuatan 5.4 SR dengan kedalaman 10 km yang mengguncang Bengkulu dan Sumatera Barat, telah menyebabkan kepanikan masyarakat setempat. Untungnya, belum ada laporan mengenai korban jiwa, luka-luka maupun kerusakan material akibat gempa-gempa tersebut.
Landslide - Longsor
Tanah longsor yang melandang jalan propinsi di kabupaten Tapanuli Utara pada Minggu (14/12) dini hari sempat melumpuhkan akses jalan yang menghubungkan Padang Sidempuan - Medan. Usaha masyarakat setempat menggunakan alat seadanya untuk membuka jalan belum berhasil.

Rencana relokasi untuk pengungsi korban longsor Cianjur yang dijadwalkan pada hari ini (15/12) ditangguhkan akibat belum persiapan perlengkapan di lokasi baru belum lengkap


Penurunan/anjloknya permukaan tanah seluas 6 hektar, dilaporkan telah menyebabkan puluhan keluarga dalam 2 kecamatan di Aceh Utara menderita. Mereka yang terkena dampak "tanah turun" tersebut tidak diijinkan untuk kembali ke rumah dari lokasi pengungsian dengan pertimbangan situasi masih belum aman.

Floods - Banjir
Setelah sempat surut selama satu pekan, banjir kembali melanda bagian selatan kabupaten Bandung. Sampai dengan waktu pelaporan, ribuan rumah masih terendam banjir dan sekitar 2.300 korban banjir telah dievakuasi.

Di kabupaten Poso, sekitar 100 rumah terendam banjir akibat meluapnya sungai Poso pada hari Minggu (14/12). Sebagian kecil dari warga yang terkena banjir mengungsi sementara sebagian besar lainnya tetap bertahan di rumah masing-masing.

Di Kabupaten Aceh Selatan, banjir susulan masih terus terjadi di bagian dari kecamatan Trumon Timur serta memicu sejumlah 724 orang terisolasi akibat putusnya akses transportasi.

Di kabupaten Aceh Utara, PPK Depkes mencatat 1.058 orang terdampak banjir masih tinggal di pengungsian.

Di kabupaten Pidie, banjir yang masih terus merendam ribuan rumah di empat kecamatan sejak tanggal 8 bulan ini.

Di kabupaten Asahan, akibat dari kenaikan genangan banjir, ratusan orang terpaksa harus mengungsi saat ribuan rumah dan ratusan hektar lahan pertanian di daerah mereka juga terendam.

Di Jember, pada saat genangan banjir surut, penyakit-penyakit mulai menyerang penduduk seperti, diare, demam dan gatal-gatal. Otoritas kesehatan setempat telah menurunkan tim medis untuk mengontrol wabah penyakit.

Di Pontianak, banjir dilaporkan telah mengganggu akses jalan menuju negara tetangga, Serawak - Malaysia.

Di kota Bitung, ratusan rumah rusak akibat serangan gelombang pasang.

Di Jakarta Utara, anjir pasang kembali melanda tiga kecamatan, yaitu Marunda, Cilincing dan Muara Baru. Setidaknya 3.000 rumah dilaporkan telah terendam.

Di Banyuwangi, kenaikan gelombang pasang telah memicu banjir pasang di pemukiman di pesisir setempat.
Whirlwinds - Puting Beliung
Di Kota Malang, setidaknya 60 rumah dilaporkan telah rusak dan dua orang luka-luka setelah puting beliung melanda daerah tersebut pada hari Minggu (14/12). Sementara itu empat rumah telah rusak, termasuk satu rumah yang rata dengan tanah, terangkum akibat serangan puting beliung di kabupaten Luwu Timur.
Early Warning - Peringatan Dini
Gubernur Sumatera Barat mengedarkan surat peringatan kepada kepala daerah (bupati) tentang perpanjangan status siaga terhadap longsor dan banjir sampai dengan akhir Februari 2009.
(sumber

1 komentar:

  1. pripun ndan kabare jogja, lancar tah workshopnya..???

    BalasHapus

Anda Peduli

Pengelola

Tukar Link


peduli bencana

Link

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by FPBI