;

PEDULI BENCANA "SIAGA BROMO 2010"

Posko Lapangan FPBI "SIAGA BROMO 2010" Kegiatan : Kaji Cepat Kebutuhan dan Kerentanan, Shelter, Evakuasi, Trauma Healing Anak, Penerimaan dan Distribusi Logistik, Air & Sanitasi, Pembersihan Debu Vulkanik, Pemulihan & Pemberdayaan Pengungsi. Anda Peduli Pengungsi Bromo, Kab. Probolinggo, Prop. Jatim : Kirim Bantuan dan Dana ke Rek BCA 0183004392 (24 Des 2010) Terima Kasih

25.1.09

BENCANA TERKINI I 20-23 Januari 2009


Sistim Informasi Manajemen Bencana I Periode 20 - 23 Januari 2009.

Earthquake - Gempa
Terdapat beberapa gempa dengan kekuatan diatas 5 SR mengguncang bagain timur Indonesia yang tercatat oleh BMKG dalam periode 20-23 Januari 2009. Sampai saat ini, tidak ada laporan mengenai korban jiwa dan kerusakan material yang disebabkan oleh gempa-gempa tersebut.
Salah satu kecamatan yang terkena dampak gempa, Abun yang juga dianggap sebagai daerah paling parah di Kabupaten Sorong karena letaknya yang dekat dengan pusat gempa primer, saat ini dilaporkan kekurangan bantuan makanan. Isolasi akibat gelombang laut tinggi serta ancaman longsor melipatgandakan penderitaan warga. Saat ini, bantuan-bantuan dalam bentuk obat-obatan, makanan dan tenda masih sangat diharapkan.
Berkaitan dengan rencana pemulihan dan rehabiiltasi paska gempa, pemerintah pusat akan memberikan dana bantuan sebesar 510 miliar rupiah untuk rekonstruksi dan rehabilitasi paska gempa seperti yang disampaikan oleh presiden SBY dalam kunjungan lapangannya ke Manokwari baru-baru ini.
Landslide - Longsor
Sebanyak 13 korban longsor di lokasi penambangan emas di Gunung Batu Mujur kecamatan Sekotong, Lombok Barat yang terhitung pada hari selasa (20/1), dimana enam diantaranya meninggal dan sisanya terluka, sedangkan belasan lainnya masih hilang.
Flood – Pati District
Sejumlah 6 kecamatan di Kabupaten Pati telah terendam banjir sejak hari Minggu (18/1). Diantara ribuan korban banjir, hanya sebagian kecil saja yang dilaporkan mengungsi. Menurut media, kerugian infrastruktur diperkirakan mencapai 28 miliar rupiah dan 41 milir rupiah untuk fasilitas umum lainnya.
Flood – Pasuruan District
Banjir susulan masih terus melanad beberapa desa di kecamatan Bangil pada Senin (19/1) petang. Akibatnya, genangan setinggi 30-100 cm menenggelamkan ratusan rumah di empat desa
Flood – Subang District
Di beberapa tempat, genangan air sudah mulai surut sehingga sejumlah pengungsi mulai kembali ke rumah.
Flood (and Landslide) – Polewali Mandar District
Sebuah jembatan menuju kecamatan Tutar (Tubbitaramanu) yang putus selama lebih dari 10 hari memperburuk penderitaan ribuan penduduk Tutar dalam isolasi. Kenaikan harga kebutuhan pangan di pasar lokal juga memperparah kehidupan korban banjir. Menurut media, ratusan anak kecil korban banjir saat ini mengemis di sepanjang jalan untuk mendapatkan uang.
Flood – Banjar District
Empat desa di kecamatan Sungai Tabuk kabupaten Banjir dilaporkan sedang menghadapi banjir yang dipicu oleh meluapnya sungai Martapura menyusul hujan deras. Setidaknya 765 rumah yang dihuni oleh 1.075 KK atau 4.602 penduduk dari 4 desa yang terdampak.
Tidal Flood – Sinjai District
Sejumlah desa yang terletak di daerah pesisir seperti kecamatan Sinjai Utara dan Sinjai Timur telah menghadapi banjir pasang dalam satu minggu terakhir. Banjir pasang yang semakin memburuk dalam dua hari terakhir menyebabkan kerugian material akibat gagal panen tambak ikan.
Flood (and Landslide) – Sukoharjo District
Banjir yang disertai dengan longsor pada hari Rabu (21/1) telah menghancurkan 4 rumah di kecamatan Bendosari. Meskipun tidak ada catatan korban meninggal, insiden tersebut menyebabkan trauma warga di sekitar lokasi akan terjadinya longsor susulan.
Dengue Fever – Lumajang District
Intensitas curah hujan yang sedang tinggi-tingginya akhir-akhir ini menjadi faktor pemicu meingkatnya kasus DBD di kabupaten Lumajang.
Bird Flu – Sukoharjo District
Tiga kecamatan di kabupaten Sukoharjo saat ini berstatus siaga terhadap penyebaran flu burung. Status siaga terhadap flu burung disampaikan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Sukoharjo pada Rabu (21/1) menyusul informasi dari warga setempat tentang banyaknya unggas yang mati mendadak di wilayah mereka.
Water-borne Disease – Jakarta
Indonesia sedang menghadapi gelombang penyakit bawaan banjir saat musim hujan yang menyebabkan banjir di daerah-daerah rendah termasuk ibukota yang padat. Departemen kesehatan mengantisipasi wabah diare, penyakit kulit dan leptospirosis.
Fire at Oil Depot Plumpang – Jakarta
Kebakaran yang melanda depot minyak Plumpang pada Minggu lalu (18/1) telah membunuh satu orang yang bekerja sebagai penjaga kemanan di lokasi. Kerugian yang diderita Pertamina akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai 15 miliar rupiah. Hasil dari investigasi yang dilakukan oleh Puslabfor mengindikasikan penyebab kebakaran bukanlah aksi teroris atau sabotaso namun lebih ke permasalahan teknis dimana pengaman tanki tidak berfungsi.
Land and Forest Fire – Riau Province
Citra penginderaan jauh dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 menunjukkan 172 titik api dari kebakaran di propinsi Riau pada Rabu (21/1). Menurut kepala Pusat Konservasi Sumberdaya Alam Riau, kebakaran tersebut merupakan hasil perbuatan manusia yang disengaja.
Flood Forecast – Jakarta
Menurut ahli klimatologi ITB, Jakarta saat ini terancam banjir besar yang diramalkan akan terjadi memasuki bulan Februari.
Food Insecurity – Pamekasan District
Sejumlah 38 desa yang tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Pamekasan – Pulau Madura telah ditetapkan terancam kekurangan pangan.
(Sumber :

1 komentar:

  1. walah...
    ono warue barang, koyo udan asmara ae.
    apikkkk...apikkkk.
    ayik ojo oleh ndoweh ae

    BalasHapus

Anda Peduli

Pengelola

Tukar Link


peduli bencana

Link

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by FPBI