;

PEDULI BENCANA "SIAGA BROMO 2010"

Posko Lapangan FPBI "SIAGA BROMO 2010" Kegiatan : Kaji Cepat Kebutuhan dan Kerentanan, Shelter, Evakuasi, Trauma Healing Anak, Penerimaan dan Distribusi Logistik, Air & Sanitasi, Pembersihan Debu Vulkanik, Pemulihan & Pemberdayaan Pengungsi. Anda Peduli Pengungsi Bromo, Kab. Probolinggo, Prop. Jatim : Kirim Bantuan dan Dana ke Rek BCA 0183004392 (24 Des 2010) Terima Kasih

21.5.09

Sasakawa Award 2009 Buat Kang ET

DR. Ir. Eko Teguh Paripurno, dengan panggilan sehari-hari Kang ET terasa akrab di telinga, terutama bagi masyarakat ataupun para pemangku kepentingan yang berkutat dalam pengurangan risiko bencana (PRB) di Indonesia.
Tim FPBI mengenalnya ketika Kang ET berkenan memberikan wawasan dalam kegiatan Simulasi Kampung Tanggap Bencana (SKTB) Letusan Gunungapi Kelud 2007 di Dusun Kalibladak, Desa Penataran, Kec. Nglegok, Kab. Blitar. Kang ET sempat menularkan pengetahuan penanggulangan letusan gunungapi Merapi di Jogyakarta kepada masyarakat setempat. Kang ET yang dikenal sebagai founder di Pusat Study Bencana UPN Veteran Jogyakarta dan Ketua Disaster Research and Management (DreAM) Jogyakarta itu murah senyum dengan adat low profilenya sangat dikenal luas bagi seluruh NGO kebencanaan di Indonesia.

Di samping itu Kang ET juga menjadi salah satu Presidium Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI), telah memperoleh nominasi The United Nations Sasakawa Award for Disaster Reduction 2009. Berkenaan dengan hal itu Kang ET diundang oleh UNISDR agar hadir dalam acara penyerahan Sasakawa Award for Disaster Reduction 2009 pada tanggal 18 Juni 2009 di Jenewa, Swiss. Acara di Swiss itu sekaligus acara Global Platform for Disaster Reduction dan penyerahan Sasakawa Award kepada pemenangnya. Kang ET merupakan nominator Sasakawa Award for Disaster Reduction pertama yang berasal dari Asia Tenggara.
The United Nations Sasakawa Award for Disaster Reduction merupakan satu dari tiga penghargaan yang sangat bergengsi dari PBB. Ketiga penghargaan itu antara lain The United Nations Sasakawa Award for Disaster Reduction, the World Health Organization (WHO) Sasakawa Health Prize dan the UN Environment Programme (UNEP) Sasakawa Environment Prize. Ketiga penghargaan ini didirikan pada tahun 1986 dengan Ketua Pendirinya adalah Ryoichi Sasakawa dari The Nippon Foundation.

Dengan demikian seluruh Keluarga Besar Forum Peduli Bencana Indonesia (FPBI); Presidium, Sekjen, Staf Bidang dan Relawan serta Masyarakat Kampung Tanggap Bencana (MKTB) di seluruh Indonesia menyampaikan selamat dan sangat bangga atas nominasi SASAKAWA AWARD 2009 tersebut. Selamat kepada para pendukung pencalonan Kang ET yang telah bekerja keras untuk mengupayakan agar Kang ET masuk dalam nominasi Sasakawa Award for Disaster Reduction. Semoga prestasi ini dapat memacu semangat dan menumbuhkembangkan inpsirasi dan motivasi bagi para praktisi dan peneliti penanggulangan bencana (PB) dan pengurangan risiko bencana (PRB) di seluruh Indonesia.

Selamat Buat Kang ET dan Terimakasih Para Pendukung Kang ET. Semoga Pengurangan Risiko Bencana di Indonesia lebih strategis dan sinergis serta berdaya guna bagi bagi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Peduli

Pengelola

Tukar Link


peduli bencana

Link

Blog Archive

Society Blogs - BlogCatalog Blog Directory

Add to Pageflakes

Add to My AOL

Subscribe in Bloglines

Add to Google Reader or Homepage

Paid Review Indonesia

 

Copyright © 2009 by FPBI