;

PEDULI BENCANA "SIAGA BROMO 2010"

Posko Lapangan FPBI "SIAGA BROMO 2010" Kegiatan : Kaji Cepat Kebutuhan dan Kerentanan, Shelter, Evakuasi, Trauma Healing Anak, Penerimaan dan Distribusi Logistik, Air & Sanitasi, Pembersihan Debu Vulkanik, Pemulihan & Pemberdayaan Pengungsi. Anda Peduli Pengungsi Bromo, Kab. Probolinggo, Prop. Jatim : Kirim Bantuan dan Dana ke Rek BCA 0183004392 (24 Des 2010) Terima Kasih

29.1.09

BENCANA TERKINI I 24-28 Januari 2009

SISTIM INFOMASI MANAJEMEN BENCANA I Periode : 24-28 Januari 2009


Earthquakes – Gempa Bumi

Terdapat sebelas gempa bumi berkekuatan diatas 5 SR yang mengguncang beberapa bagian Indonesia selama periode pelaporan. Sampai saat ini, tidak ada laporan mengenai korban jiwa, korban luka atau kerusakan material yang disebabkan oleh gempa-gempa tersebut.



Hot Mudflow – Lumpur Panas

Aliran lumpur panas di lokasi pembangkit tenaga listrik di Mataloko, kabupaten Ngada – NTT. Data terakhir dari Dinkes Ngada menyebutkan 1060 warga sekitar lokasi menderita berbagai penyakit seperti ISPA, infeksi kulit dan sesak napas. Meskipun demikian, VSI meyakinkan bahwa aliran lumpur tersebut tidak berbahaya. Lumpur panas yang sebenarnya merupakan uap air panas yang bercampur dengan lumpur, tidak akan memberikan dampak yang parah terhadap lingkungan karena tidak mengandung zat kimia yang berbahaya.

Landslide, Pekalongan District

Sejumlah penduduk desa Kuntorejo, kecamatan Kajen – Pekalongan saat ini terisolasi akibat longsor yang terjadi Jumat (23/1) lalu. Isolasi juga terjadi di beberapa desa di kecamatan tetangga, Kandangserang, yaitu desa Garungwiyoro, Sukoharjo, Gembong, Bodas and Klesem. Alat berat yang dikerahkan oleh pemerintah setempat belum berhasil membuka kembali akses jalan akibat kondisi tanah yang tidak stabil dan berlumpur.

Landslide, Semarang City

Longsor dilaporkan melanda desa Sendangguwo, kecamatan Tembalang pada Minggu (25/1) malam dan memakan 4 korban jiwa serta 6 luka-luka.

Flood, Tulungagung District

Lima titik tanggul sungai jebol dan memicu terjadinya banjir bandang di desa Pojok dan Gampeng kecamatan Campuradarat pada hari Senin (26/1). Sekitar 200 rumah terendam dan sejumlah 30 hektar lahan pertanian telah rusak.

Flood, Martapura District

Puluhan rumah di kecamatan Martapura Barat saat ini telah terendam dan terisolasi selama lebih dari satu bulan. Sejumlah ruas jalan dilaoprkan rusak dan terputus aksesnya. Berhektar-hektar lahan pertanian juga telah rusak dan dikhawatirkan akan mengalami gagal panen.

Flood, Probolinggo District

Luapan tiga sungai yang ada di Probolinggo yang dipicu oleh hujan deras di daerah hulu sungai telah menyebabkan jebolnya tanggul sungai. Akibatnya, ratusan rumah dari empat kecamatan telah terendam.

Sumber : Information Management Assistant - ER Team - Oxfam GB (


1 komentar:

  1. Dear,
    Mau nih aku nimbrung jadi orang yang peduli thd korban bencana

    BalasHapus

Anda Peduli

Pengelola

Tukar Link


peduli bencana

Link

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by FPBI