;

PEDULI BENCANA "SIAGA BROMO 2010"

Posko Lapangan FPBI "SIAGA BROMO 2010" Kegiatan : Kaji Cepat Kebutuhan dan Kerentanan, Shelter, Evakuasi, Trauma Healing Anak, Penerimaan dan Distribusi Logistik, Air & Sanitasi, Pembersihan Debu Vulkanik, Pemulihan & Pemberdayaan Pengungsi. Anda Peduli Pengungsi Bromo, Kab. Probolinggo, Prop. Jatim : Kirim Bantuan dan Dana ke Rek BCA 0183004392 (24 Des 2010) Terima Kasih

19.6.09

Penerimaan Sasakawa Award Bagi Kang ET

Membanggakan sekaligus mengharukan bagi Keluarga Besar Forum Peduli Bencana Indonesia (FPBI), bahwa salah satu kolega dalam Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Indonesia yaitu Dr. Ir. Eko Teguh Paripurno, yang biasa di panggil dengan Kang ET menerima Sasakawa Award for Disaster Reduction yang pertama dari Indonesia dan Kawasan Asia Tenggara. Penyerahan The United Nations Sasakawa Award for Disaster Reduction 2009 pada tanggal 16 JUni 2009 jam 07.00 waktu setempat di Jenewa, Swiss. Untuk itu Kang ET berhak menerima hadiah uang sebesar US$ 50.000 atau sekitar Rp. 500 juta untuk kontribusi seumur hidup dan ber komitmen untuk mengurangi risiko bencana dan membangun kapasitas pada tingkat masyarakat di Indonesia, salah satu Negara-negara paling rentan terhadap berbagai bahaya.

The United Nations Sasakawa Award for Disaster Reduction merupakan satu dari tiga penghargaan yang sangat bergengsi dari PBB. Ketiga penghargaan itu antara lain the United Nations Sasakawa Award for Disaster Reduction, the World Health Organization (WHO) Sasakawa Health Prize dan the UN Environment Programme (UNEP) Sasakawa Environment Prize. Ketiga penghargaan ini didirikan pada tahun 1986 dengan Ketua Pendirinya adalah Ryoichi Sasakawa dari the Nippon Foundation.

Penghargaan itu memberikan kepercayaan dari dunia bahwa masyarakat Indonesia sangat peduli dan mempunyai komitmen kuat terhadap Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di Indonesia.

"PRB dimulai dengan pembelajaran, yang pada dasarnya adalah membangun kepercayaan bahwa setiap orang dapat memiliki peran penting dalam upaya pengurangan resiko kolektif "ujar Dr Paripurno." Saya berencana untuk menggunakan uang penghargaan ini untuk mempromosikan belajar di sejumlah daerah-daerah rawan letusan gunung berapi serta untuk melakukannya di tengah-tengah masyarakat untuk belajar dalam pengurangan risiko bencana.
Dr Paripurno adalah Direktur Pusat Penelitian Bencana dari Universitas Nasional Pembangunan “Veteran” di Yogyakarta dan konsultan untuk pemerintah lokal dan nasional serta berbagai organisasi sipil masyarakat (NGO). Di samping itu juga menjadi salah satu Presidium Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) di Jakarta.

Contoh karyanya termasuk keterlibatan dalam tindakan yang diambil dalam setelah Gempabumi di Yogyakarta tahun 2006, yang menewaskan hampir 6.000 orang. Dr Paripurno telah bekerja di bidang masyarakat berbasis manajemen risiko bencana di Indonesia selama lebih dari lima belas tahun, sering berkaitan dengan letusan gunungapi. Dia telah berkontribusi langsung pada peningkatan kapasitas masyarakat melalui keterlibatan pada lebih dari 750 organisasi lokal dan proyek manajemen risiko bencana pada 20 propinsi di Indonesia dan secara tidak langsung telah menjangkau ribuan orang di Indonesia.

Keluarga Besar Forum Peduli Bencana Indonesia mengucapkan selamat kepada Kang ET atas penerimaan penghargaan Sasakawa Award ini, semoga tetap semangat. Penghargaan ini dapat memberikan semangat dan rasa percaya diri bagi kawan-kawan “CSO for PRB” di seluruh Indonesia. Sumber : unisdr.org, MPBI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Peduli

Pengelola

Tukar Link


peduli bencana

Link

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by FPBI